今年对南北大众而言,都是一个“新品频发”之年。朗逸和宝来接连换代,全新一代CC和一汽大众首款SUV探歌更是蓄势待发。

在中级车市场上,凯美瑞和雅阁纷纷换代,很多德粉 pasti akan sangat penasaran: Kapan Passat akan mengalami penyegaran? Kapan dapat kembali ke masa kejayaan seperti dulu?

Berdasarkan informasi, Passat generasi baru akan diluncurkan pada bulan Agustus, dan akhir tahun nanti akan resmi diperkenalkan di hadapan publik.

Mengapa Passat model sekarang penjualannya kalah dari 迈腾 generasi baru?

帕萨特 B5

Akhir abad ke-20, Volkswagen secara resmi memperkenalkan Passat B5 ke Tiongkok, dan dikenal sebagai “帕萨特” setelah diproduksi secara lokal oleh Shanghai Volkswagen pada tahun 2000; VW juga sedikit menambah jarak sumbu roda untuk pasar lokal, dan mobil itu untuk sementara waktu menjadi simbol status dan kedudukan.

Pada tahun 2005, Volkswagen Passat B6 memasuki pasar Tiongkok, dan setelah diproduksi secara lokal oleh FAW Volkswagen namanya diubah menjadi “迈腾”. Hal ini sekaligus mengatasi kekosongan FAW-Volkswagen dalam sektor mobil sedan menengah.

Tepatnya, FAW-Volkswagen 迈腾 dikembangkan berdasarkan Passat versi Eropa, sementara Shanghai Volkswagen meneruskan warisan Passat versi Amerika. Sayangnya, Passat sampai saat ini masih dibangun di atas platform PQ46, sementara 迈腾 telah mengganti platform-nya dengan MQB.

FAW-Volkswagen 迈腾 sudah sejak lama menduduki peringkat teratas di pasar mobil sedan menengah di Tiongkok, dengan penjualan bulanan relatif stabil di angka pencapaian 20.000 unit, sementara Passat hanya mencapai penjualan bulanan sedikit di atas 10.000 unit, dengan selisih yang cukup signifikan.

Padahal beberapa tahun lalu, nama dan penjualan Passat jauh melampaui 迈腾; pada tahun 2015 misalnya, penjualan Passat mencapai 200.000 unit sepanjang tahun, sementara 迈腾 hanya mencapai angka 150.000 unit.

Sebagai mobil sedan menengah yang berada di bawah naungan Volkswagen, kenapa penjualan Passat saat ini kalah dari 迈腾? Ada banyak alasan, namun yang paling mendasar adalah karena 迈腾 edisi saat ini sudah mengadopsi platform MQB baru, sementara Passat masih menggunakan platform lama PQ46; kedua platform ini memiliki perbedaan dalam hal daya produk.

Apa saja keunggulan Passat generasi baru?

朗逸 terbaru

Passat generasi baru

Saat melihat gambar pengajuan ke Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok dari Passat generasi baru, penulis merasa bahwa mobil ini benar-benar seperti 朗 大众帕萨特焕新亮相,以字母标识提升档次感

辉昂

全新一代大众帕萨特

尽管申报图的清晰度有限,但我还是发现全新一代帕萨特的尾部将“PASSAT”字母放在了 LOGO 下方。

这一设计让人联想到大众辉腾和辉昂。民间流传一句谚语:“宝马和路虎,就怕‘大众’下面带字母”,指的就是这两款大众 Logo 下面带有字母的车型。这次全新的帕萨特采用这样的设计,对整体档次感也有一定的提升意义。

从申报图中还可以看出,全新一代帕萨特还将配备 LED 大灯、亮饰条、全景天窗、前置摄像头、215/60 R16、215/55 R17 和 235/45 R18 等三种不同规格的轮毂。

动力方面,全新一代帕萨特将搭载 1.4T 发动机和低/高功率 2.0T 发动机,现款所使用的 1.8T 发动机被 2.0T 低功率版所取代。所有车型均匹配 7 速双离合变速箱。

这几套动力总成的表现,在大众旗下的不少车型上都有运用,技术相对成熟。

全新帕萨特竞争对手功力提升几成?

国内中型车市场表现比较突出的当属日系三杰“雅阁、凯美瑞、天籁”和德系双子星“帕萨特与迈腾”。

而今它们的关系发生了微妙的变化,从 2017 年的中型车销量来看,迈腾全年卖出了 21.6 万辆,排在第二名的帕萨特的销量是 16 万辆,而日系三杰只有雅阁以 15 万辆的销量紧随其后。而天籁和凯美瑞则分居第 9 和第 12 名的位置。

现款迈腾

由此可见,迈腾相比其它车型的销量是遥遥领先的。帕萨特尽管有口碑积淀和市场积累,但急需升级换代的它也稍显疲态。日系三杰中,日产天籁处在产品末期,竞争乏力。全新凯美瑞和雅阁在换代之后销量都很可观,特别是十代雅阁在刚刚